SELAYANG PANDANG

Project ini adalah usaha rintisan dalam mentransformasi Desa Torongrejo menjadi Desa Wisata Alam, Budaya dan Pertanian.

Saung Tani akan menjadi salah satu destinasi wisata yang menyediakan tempat makan dan minum, belanja produk segar pertanian dan olahan pangan maupun non pangan produksi warga desa, dan menjadi tempat edukasi pertanian bagi pengunjung dalam suasana yang dekat dengan alam.

Tentunya project ini adalah sebuah proses yang panjang dan tidak bisa instant untuk mewujudkannya, butuh dukungan dari banyak pihak, dan kami mulai dari sebuah rencana kecil yang “besar”, yaitu Rest Area Saung Tani.

KONSEP REST AREA SAUNG TANI

Konsep dasar dari Rest Area Saung Tani mengikut konsep bangunan saung tani yang asli itu sendiri. Saung tani bagi kami adalah:

  • Tempat petani berteduh ketika kehujanan ataupun kepanasan di lahan pertanian..
  • Tempat untuk makan dan minum ketika lapar ataupun beristirahat melepas lelah.
  • Suasana yang nyaman, sejuk, segar
  • View yang indah dikelilingi lahan pertanian dan pegunungan serta gemericik air mengalir.

TAHAPAN PROJECT

1. Sosialisasi Rencana Pembangunan Rest Area Saung Tani sebagai rintisan Desa Wisata Torongrejo

  • Presentasi ke Pemerintahan Desa Torongrejo
  • Presentasi ke Walikota dan Ketua DPRD pada saat HUT Gapoktan Torong Makmur
  • Presentasi ke Gapoktan pada saat pertemuan pengurus Gapoktan
  • Presentasi sekaligus usulan pada saat Musrenbangdes 2019

2. Pematangan perencanaan pembangunan Rest Area Saung Tani

Site Plan Rest Area Saung Tani

3. Tahap "NOL"

Tahap ini kami pergunakan untuk mensosialisasikan rencana pembangunan Rest Area Saung Tani dan memetakan potensi SDM warga Desa Torongrejo

a. Renovasi Joglo Saung Tani untuk ditambah fungsi sebagai warung makan pada siang hari dan cafe sederhana pada malam hari dengan fasilitas internet (wifi) gratis. 

Tujuannya selain mencari keuntungan adalah menarik warga Desa Torongrejo khususnya anak muda untuk sering kongkow ditempat tersebut, sehingga BUMDes BeJo dapat menyampaikan visi misi dan perencanaan pembangunan ekonomi di desa serta yang tidak kalah pentingnya adalah memetakan potensi SDM di Desa Torongrejo sebagai persiapan pengelolaan Rest Area Saung Tani. Selain itu juga bisa membuka kemungkinan-kemungkinan sinergi BUMDes BeJo dengan warga Desa Torongrejo lainnya dalam bentuk kemitraan kerjasama.

b. Pembuatan 3 buah kamar mandi, karena dari hasil riset kami ke konsumen, salah satu yang mereka keluhkan adalah minimnya kamar mandi.

rafting-di-saung-tani-torongrejo

Konsumen rafting/arung jeram di Desa Torongrejo mencoba menggunakan Rest Area Saung Tani untuk tempat berkumpul sebelum dan sesudah berarung jeram

desain-kamar-mandi-rest-area-saung-tani

Rancangan kamar mandi yang akan dibangun

3. Pembangunan Resto & Cafe di dalam Green House

rain-shelter-gapoktan

Green House (Rain Shelter) saat ini

Setelah Tahap “Nol” selesai dan berjalan, kami berharap memiliki perencanaan yang lebih matang dan juga pemetaan potensi khususnya SDM Desa Torongrejo yang lebih baik, maka tahapan berikutnya adalah kami akan membuat Resto & Cafe di dalam Green House.

Tempat ini akan menjadi bagian dari Rest Area Saung Tani sebagai tempat makan dan minum konsumen, dimana konsepnya adalah tempat ini akan diisi dengan asesoris-asesoris yang selain menambah keindahan, juga memiliki fungsi edukasi pertanian dan kelestarian lingkungan seperti proses pembibitan, sistim hidroponik & aquaponik mini, sistem pertanian terpadu, sistem pengolahan air ramah lingkungan dan lain sebagainya.